Teknik
Penjualan Menggunakan Media Online
1.
Pengertian Perdagangan Online
Bisnis Online saat
ini bukan lagi menjadi istilah asing di Indonesia, baik kita yang kesehariannya
terbiasa menggunakan internet ataupun tidak. Apapun definisi yang diberikan
untuk Bisinis Online ini, yang jelas pelaku bisnis ini
memperolah keuntungan dari adanya internet.
Sebagian
orang mendefinisikan bahwa bisnis online adalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa
maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi
hingga kegiatan transaksinya, seperti menjual software, ebook dan sejenisnya
tanpa harus bertatap muka dengan customer.Saya sendiri cenderung lebih setuju
apabila Bisnis Online didefinisikan
sebagai “sesuatu aktifitas bisnis yang sebagian atau seluruh kegiatannya
dilakukan melalui media internet” apapun jenis bisnisnya dari mulai menjual
hasil bumi hingga mobil. Dengan kata lain meski kita hanya seorang marketing
dari sebuah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media
internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.
Bahkan
yang luar biasa adalah, jika kita memiliki kemampuan memasarkan di internet,
sangat terbuka kesempatan luas untuk dapat membantu memasarkan produk-produk
orang lain baik perorangan maupun perusahaan-perusahaan dengan pendapatan yang
menggiurkan.
Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis
adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun
individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun
jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata online menurut kamus.web.id
adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat
diakses melalui jaringan komputer lainnya.
Jadi
dapat disimpulkan bahwa bisnis online adalah suatu kegiatan atau
aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti
halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di
jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan
suatu keuntungan.
2.
Manfaat Media Sosial dalam
Perdagangan Online
Manfaat sosial media dalam berbisnis yang pertama
adalah sarana dalam membangun merek atau istilah kerennya branding. Dengan
aktif disalah satu situs jejaring sosial atau bahkan lebih akan membuat anda
lebih dikenal oleh calon target anda, calon investor. Hal ini tentu berdampak
luar biasa pada brand produk atau jasa yang hendak anda pasarkan.
Manfaat
selanjutnya dari sosial media adalah sebagai sarana iklan yang murah dan
efektif. Kenapa saya katakan murah dan efektif. Coba anda bandingkan biaya yang
harus anda tanggung jika memasang iklan di situs jejaring sosial dengan
memasang iklan di media tradisional, seperti media massa dan media elektronik.
Selain itu efektivitas iklan anda akan jauh terasa. Anda bisa mensurvey berapa
orang yang tetap melihat jeda iklan di suatu tayangan televise? Hal itu berbeda
jika anda memasang iklan di sosial media, karena semakin banyak orang yang anda
kenal, maka semakin banyak orang yang bisa melihatnya.
Manfaat
sosial media dalam berbisnis selanjutnya adalah sebagai sarana dalam meriset
pasar dan kompetitor anda. Kenapa mesti meriset dengan metode ini? Situs jejaring
sosial merupakan media yang digunakan untuk berinteraksi sekaligus menuangkan
apa yang ada dipikiran mereka, apa yang diinginkan, dll. Dengan memanfaatkan
sosial media, anda bisa mendapatkan umpan balik yang cepat, sehingga anda bisa
mengetahui apa yang diinginkan oleh target pasar anda. Hal ini juga sangat
membantu untuk meningkatkan kualitas pelayanan anda kepada konsumen. Dan yang
tidak kalah pentingnya tentang manfaat sosial media dalam berbisnis adalah
dengan situs jejaring sosial, anda juga bisa melihat seberapa banyak orang yang
menawarkan produk / jasa yang sama dengan anda. Anda bisa juga memantau apa
saja yang pesaing anda lakukan, mulai kampanye, hingga strategi mereka melayani
pelanggan.
Manfaat
sosial media dalam berbisnis yang terakhir adalah sebagai sarana anda untuk
mendekatkan diri kepada pelanggan anda. Dengan kata lain, anda bisa dengan
lebih mudah membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap anda. Anda
harus rajin dan tulus dalam mendengar dan merespon setiap apapun yang mereka
sampaikan. Dengan demikian pelanggan bisa merasa nyaman, bahkan akan bisa
sangat membantu sebagai duta merek anda kepada target pelanggan yang lain yang
belum sempat anda kejar.
Nah,
itu tadi beberapa manfaat sosial media dalam berbisnis yang perlu anda
perhatikan. Hal ini dikarenakan, berkembang atau tidaknya bisnis anda
tergantung bagaimana aktifnya anda dalam mendengar dan memperhatikan pelanggan.
Dengan adanya sosial media atau situs jejaring sosial , hal tersebut akan lebih
mudah anda laksanakan. Jadi, apa yang anda tunggu, silahkan anda menjadi betapa
hebatnya manfaat sosial media dalam berbisnis.
3. Teknik Menjaring
Pembeli Dalam Bisnis Online
A. Pasang Senyum yang menarik, ketika
anda menulis email kepada prospek, teman, keluarga ataupun klien anda. Ketika
anda tersenyum, kata-kata yang keluar akan mengandung aura yang baik, dan
tulisan anda pasti tidak se kaku ketika anda tidak tersenyum.
Anggap saja anda sedang bicara face
to face dengan prospek, teman, keluarga atau klien anda. Ketika anda bicara
sambil tersenyum tulus, apa yang terjadi? Pembicaraan akan semakin
menyenangkan, toh?
Tambahan:
Bayangkan hal-hal yang menyenangkan
untuk anda ketika menulis email, baik itu di masa kecil anda, atau ketika anda
mendapatkan kejutan ulang tahun, atau hari kelahiran putra putri anda dan
sebagainya. Imajinasi yang menyenangkan bisa membuat kita tersenyum dan mampu
menulis email yang menyenangkan juga.
B. Hormati siapapun yang menjadi tujuan
anda menulis email. Jika anda menghormati orang yang anda kontak, tentu anda
akan mempersiapkan yang terbaik untuk orang itu. Ketika anda menunjukkan rasa
hormat, respek kepada prospek, teman, keluarga atau klien, maka format email
anda tidak akan sembarangan.
Menghormati orang lain sama artinya
dengan menghormati diri sendiri. Mengapa? Karena ada hukum timbal balik. Ketika
anda mengucapkan salam sejahtera kepada lawan bicara, maka orang tersebut akan
menilai anda lebih tinggi dan menjawab salam anda dengan baik kan? Ketika anda
mengirimkan email dengan format yang bagus, dengan kata-kata yang baik dan
tidak berlebihan, maka si pembaca akan merasa dihormati dan mulai menunjukkan
perhatian kepada tulisan anda, dan juga maksud serta tujuan anda di dalam email
tersebut.
C. Tunjukkan usaha anda lewat tulisan
yang diedit dengan baik. Banyak orang yang menggunakan template email dan malas
untuk mengedit sendiri. Akibatnya, email-email yang terkirim biasanya kacau,
link yang seharusnya bisa diklik menjadi mati, atau nyasar ke orang lain.
Sayang banget kan kalo sampe prospek kita jatuh ke link orang lain?
Tambahan:
Buatlah email yang isinya kisah atau
cerita, bukan ajakan atau suruhan kepada prospek. Ketika anda bercerita tentang
hal-hal yang menyenangkan di bisnis anda, ide ini akan menulari emosi dari
prospek untuk mendekati anda dan mengikuti anda tanpa dipaksa.
Banyak orang gagal menutup sebuah
penjualan (closing the sale) karena ada unsur paksaan, bahkan berkesan terlalu
agresif. Seni dari menjual bukanlah “tentang diri anda” tapi tentang “orang
lain”.
4. Analisis SWOT
Sebagai salah satu aspek dari belajar bisnis oline gratis untuk
pemula. Tujuan dari analisis SWOT sendiri adalah untuk membangun Kekuatan Anda
supaya bisa menjadi pengusaha sukses Indonesia dan meminimalkan kelemahan. Anda
harus cepat untuk mengambil keuntungan dari peluang yang ada dan mencoba untuk
mengurangi ancaman dari luar. Di dalam dunia ecomerce, di mana perubahan
berlangsung sangat cepat, Anda harus sering melakukannya, setidaknya setahun
sekali.
A.
Kekuatan
Apa yang Anda telah lakukan untuk menjadi lebih baik dibanding yang
lain dalam industri Anda? Untuk e-commerce biasanya adalah pilihan produk yang
lebih besar, atau lebih cepat dan lebih murah dalam hal pengiriman dibanding
e-commerce lainnya. Apakah Anda membuat perbandingan harga dengan lebih mudah
dan cepat? Apakah Anda menyarankan pilihan produk lain (product discovery)
untuk pelanggan Anda? Apakah bisnis anda unik ? Ini adalah keunggulan
kompetitif.
B. Kelemahan khas e-commerce/toko
online
Karena proses shipping yang memakan
waktu, customer satisfaction tidak terjadi dengan segera dalam e-commerce /
membuat online shop/ belajar bisnis online. Barang berat, besar dan tidak tahan
lama adalah barang yang mahal untuk dikirim. Biaya kirim selalu menimbulkan kesulitan.
Keamanan dan penipuan membuat banyak orang khawatir dan enggan untuk
menggunakan kartu kredit mereka dalam transaksi online.
C. Peluang
Anda Harus menanyakan teknologi baru
apa yangdapat membantu saya mengembangkan bisnis saya dan untuk mencapai keuntungan
lebih dari pesaing saya? dan Di mana kelemahan pesaing saya?
E-commerce berubah setiap hari.
Teknologi baru dan fitur telah membuat banyak lokasi playground baru
dibandingkan seller offline tradisional. Misalnya, perbaikan software shopping
cart telah membuat pengalaman belanjapelangganlebih cepat dan ramah . Live chat
telah meningkatkan layanan pelanggan e-commerce. Menggunakan analisis Big Data
bisa menjadi kesempatan bagi perusahaan e-commerce untuk lebih memahami
preferensi pelanggan. Situs media sosial Memberikan promosi gratis atau murah
apalagi jika dikombinasikan dengan viral marketing
D. Ancaman
Anda harusselalu mencari pergeseran
industri yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis Anda. Ini termasuk
perubahan hukum dan peraturan. Misalnya, undang-undang yang dibuat kongres USA
terkait internet sales tax dan aturan domain .id untuk penyelenggara ecommerce
di Indonesia. Entry barrier yang rendah dalam membuat e-commercejuga merupakan
ancaman. Sangat mudah untuk membuat e-commerce untuk bisnis, bahkan di garasi.
Orang bisa menjual barang melalui Facebook atau eBay tanpa memiliki website.
5.
Penutup
Bisnis internet / online adalah bisnis yang cukup
menjanjikan untuk bisa mengurangi angka kemiskinan masyarakat khususnya di
kabupaten sumenep sebagai lapangan kerja baru. Namun dibutuhkan kepintaran dan
pengetahuan tentang dunia internet agar bisa menjalankan bisnis internet.
Maka dari itu diperlukan adanya wadah dan sosialisasi bagi masyarakat ,
bahwa internet itu penting. Di era globalisasi ini maraknya arus informasi dan
teknologi seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memperbaiki
perekonomian. masyarakat.
Dalam menjalankan bisnis online kita harus
bisa memberikan service kepada konsumen atau pelanggan sebagaimana dalam
berbisnis secara nyata.
Selain itu kita
juga harus mengetahui apa sajakah yang menjadi kelebihan serta apa sajakah yang
menjadi kekurangan dan hambatan utuk bisnis online yang akan kita jalankan.
Daftar pustaka
0 komentar:
Posting Komentar