Sabtu, 31 Mei 2014

Teknik Penjualan Menggunakan Media Online


Teknik Penjualan Menggunakan Media Online
1.    Pengertian Perdagangan Online
Bisnis Online saat ini bukan lagi menjadi istilah asing di Indonesia, baik kita yang kesehariannya terbiasa menggunakan internet ataupun tidak. Apapun definisi yang diberikan untuk Bisinis Online ini, yang jelas pelaku bisnis ini memperolah keuntungan dari adanya internet.
Sebagian orang mendefinisikan bahwa bisnis online adalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksinya, seperti menjual software, ebook dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer.Saya sendiri cenderung lebih setuju apabila Bisnis Online didefinisikan sebagai “sesuatu aktifitas bisnis yang sebagian atau seluruh kegiatannya dilakukan melalui media internet” apapun jenis bisnisnya dari mulai menjual hasil bumi hingga mobil. Dengan kata lain meski kita hanya seorang marketing dari sebuah perusahaan dan melakukan aktifitas marketing melalui media internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.
Bahkan yang luar biasa adalah, jika kita memiliki kemampuan memasarkan di internet, sangat terbuka kesempatan luas untuk dapat membantu memasarkan produk-produk orang lain baik perorangan maupun perusahaan-perusahaan dengan pendapatan yang menggiurkan.
Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata online menurut kamus.web.id adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa bisnis online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan. 

2.        Manfaat Media Sosial dalam Perdagangan Online
Manfaat sosial media dalam berbisnis yang pertama adalah sarana dalam membangun merek atau istilah kerennya branding. Dengan aktif disalah satu situs jejaring sosial atau bahkan lebih akan membuat anda lebih dikenal oleh calon target anda, calon investor. Hal ini tentu berdampak luar biasa pada brand produk atau jasa yang hendak anda pasarkan.
Manfaat selanjutnya dari sosial media adalah sebagai sarana iklan yang murah dan efektif. Kenapa saya katakan murah dan efektif. Coba anda bandingkan biaya yang harus anda tanggung jika memasang iklan di situs jejaring sosial dengan memasang iklan di media tradisional, seperti media massa dan media elektronik. Selain itu efektivitas iklan anda akan jauh terasa. Anda bisa mensurvey berapa orang yang tetap melihat jeda iklan di suatu tayangan televise? Hal itu berbeda jika anda memasang iklan di sosial media, karena semakin banyak orang yang anda kenal, maka semakin banyak orang yang bisa melihatnya.
Manfaat sosial media dalam berbisnis selanjutnya adalah sebagai sarana dalam meriset pasar dan kompetitor anda. Kenapa mesti meriset dengan metode ini? Situs jejaring sosial merupakan media yang digunakan untuk berinteraksi sekaligus menuangkan apa yang ada dipikiran mereka, apa yang diinginkan, dll. Dengan memanfaatkan sosial media, anda bisa mendapatkan umpan balik yang cepat, sehingga anda bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh target pasar anda. Hal ini juga sangat membantu untuk meningkatkan kualitas pelayanan anda kepada konsumen. Dan yang tidak kalah pentingnya tentang manfaat sosial media dalam berbisnis adalah dengan situs jejaring sosial, anda juga bisa melihat seberapa banyak orang yang menawarkan produk / jasa yang sama dengan anda. Anda bisa juga memantau apa saja yang pesaing anda lakukan, mulai kampanye, hingga strategi mereka melayani pelanggan.
Manfaat sosial media dalam berbisnis yang terakhir adalah sebagai sarana anda untuk mendekatkan diri kepada pelanggan anda. Dengan kata lain, anda bisa dengan lebih mudah membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap anda. Anda harus rajin dan tulus dalam mendengar dan merespon setiap apapun yang mereka sampaikan. Dengan demikian pelanggan bisa merasa nyaman, bahkan akan bisa sangat membantu sebagai duta merek anda kepada target pelanggan yang lain yang belum sempat anda kejar.
Nah, itu tadi beberapa manfaat sosial media dalam berbisnis yang perlu anda perhatikan. Hal ini dikarenakan, berkembang atau tidaknya bisnis anda tergantung bagaimana aktifnya anda dalam mendengar dan memperhatikan pelanggan. Dengan adanya sosial media atau situs jejaring sosial , hal tersebut akan lebih mudah anda laksanakan. Jadi, apa yang anda tunggu, silahkan anda menjadi betapa hebatnya manfaat sosial media dalam berbisnis.

3.    Teknik Menjaring Pembeli Dalam Bisnis Online
A.    Pasang Senyum yang menarik, ketika anda menulis email kepada prospek, teman, keluarga ataupun klien anda. Ketika anda tersenyum, kata-kata yang keluar akan mengandung aura yang baik, dan tulisan anda pasti tidak se kaku ketika anda tidak tersenyum.
Anggap saja anda sedang bicara face to face dengan prospek, teman, keluarga atau klien anda. Ketika anda bicara sambil tersenyum tulus, apa yang terjadi? Pembicaraan akan semakin menyenangkan, toh?
Tambahan:
Bayangkan hal-hal yang menyenangkan untuk anda ketika menulis email, baik itu di masa kecil anda, atau ketika anda mendapatkan kejutan ulang tahun, atau hari kelahiran putra putri anda dan sebagainya. Imajinasi yang menyenangkan bisa membuat kita tersenyum dan mampu menulis email yang menyenangkan juga.
B.     Hormati siapapun yang menjadi tujuan anda menulis email. Jika anda menghormati orang yang anda kontak, tentu anda akan mempersiapkan yang terbaik untuk orang itu. Ketika anda menunjukkan rasa hormat, respek kepada prospek, teman, keluarga atau klien, maka format email anda tidak akan sembarangan.
Menghormati orang lain sama artinya dengan menghormati diri sendiri. Mengapa? Karena ada hukum timbal balik. Ketika anda mengucapkan salam sejahtera kepada lawan bicara, maka orang tersebut akan menilai anda lebih tinggi dan menjawab salam anda dengan baik kan? Ketika anda mengirimkan email dengan format yang bagus, dengan kata-kata yang baik dan tidak berlebihan, maka si pembaca akan merasa dihormati dan mulai menunjukkan perhatian kepada tulisan anda, dan juga maksud serta tujuan anda di dalam email tersebut.
C.     Tunjukkan usaha anda lewat tulisan yang diedit dengan baik. Banyak orang yang menggunakan template email dan malas untuk mengedit sendiri. Akibatnya, email-email yang terkirim biasanya kacau, link yang seharusnya bisa diklik menjadi mati, atau nyasar ke orang lain. Sayang banget kan kalo sampe prospek kita jatuh ke link orang lain?
Tambahan:
Buatlah email yang isinya kisah atau cerita, bukan ajakan atau suruhan kepada prospek. Ketika anda bercerita tentang hal-hal yang menyenangkan di bisnis anda, ide ini akan menulari emosi dari prospek untuk mendekati anda dan mengikuti anda tanpa dipaksa.
Banyak orang gagal menutup sebuah penjualan (closing the sale) karena ada unsur paksaan, bahkan berkesan terlalu agresif. Seni dari menjual bukanlah “tentang diri anda” tapi tentang “orang lain”.



4.    Analisis SWOT
Sebagai salah satu aspek dari belajar bisnis oline gratis untuk pemula. Tujuan dari analisis SWOT sendiri adalah untuk membangun Kekuatan Anda supaya bisa menjadi pengusaha sukses Indonesia dan meminimalkan kelemahan. Anda harus cepat untuk mengambil keuntungan dari peluang yang ada dan mencoba untuk mengurangi ancaman dari luar. Di dalam dunia ecomerce, di mana perubahan berlangsung sangat cepat, Anda harus sering melakukannya, setidaknya setahun sekali.
A.      Kekuatan
Apa yang Anda telah lakukan untuk menjadi lebih baik dibanding yang lain dalam industri Anda? Untuk e-commerce biasanya adalah pilihan produk yang lebih besar, atau lebih cepat dan lebih murah dalam hal pengiriman dibanding e-commerce lainnya. Apakah Anda membuat perbandingan harga dengan lebih mudah dan cepat? Apakah Anda menyarankan pilihan produk lain (product discovery) untuk pelanggan Anda? Apakah bisnis anda unik ? Ini adalah keunggulan kompetitif.

B.       Kelemahan khas e-commerce/toko online
Karena proses shipping yang memakan waktu, customer satisfaction tidak terjadi dengan segera dalam e-commerce / membuat online shop/ belajar bisnis online. Barang berat, besar dan tidak tahan lama adalah barang yang mahal untuk dikirim. Biaya kirim selalu menimbulkan kesulitan. Keamanan dan penipuan membuat banyak orang khawatir dan enggan untuk menggunakan kartu kredit mereka dalam transaksi online.

C.       Peluang
Anda Harus menanyakan teknologi baru apa yangdapat membantu saya mengembangkan bisnis saya dan untuk mencapai keuntungan lebih dari pesaing saya? dan Di mana kelemahan pesaing saya?

E-commerce berubah setiap hari. Teknologi baru dan fitur telah membuat banyak lokasi playground baru dibandingkan seller offline tradisional. Misalnya, perbaikan software shopping cart telah membuat pengalaman belanjapelangganlebih cepat dan ramah . Live chat telah meningkatkan layanan pelanggan e-commerce. Menggunakan analisis Big Data bisa menjadi kesempatan bagi perusahaan e-commerce untuk lebih memahami preferensi pelanggan. Situs media sosial Memberikan promosi gratis atau murah apalagi jika dikombinasikan dengan viral marketing

D.      Ancaman
Anda harusselalu mencari pergeseran industri yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis Anda. Ini termasuk perubahan hukum dan peraturan. Misalnya, undang-undang yang dibuat kongres USA terkait internet sales tax dan aturan domain .id untuk penyelenggara ecommerce di Indonesia. Entry barrier yang rendah dalam membuat e-commercejuga merupakan ancaman. Sangat mudah untuk membuat e-commerce untuk bisnis, bahkan di garasi. Orang bisa menjual barang melalui Facebook atau eBay tanpa memiliki website.

5.      Penutup
Bisnis internet / online adalah bisnis yang cukup menjanjikan untuk bisa mengurangi angka kemiskinan masyarakat khususnya di kabupaten sumenep sebagai lapangan kerja baru. Namun dibutuhkan kepintaran dan pengetahuan tentang dunia internet agar bisa menjalankan bisnis internet.
Maka dari itu diperlukan adanya wadah dan sosialisasi bagi masyarakat , bahwa internet itu penting. Di era globalisasi ini maraknya arus informasi dan teknologi seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memperbaiki perekonomian. masyarakat. Dalam menjalankan bisnis online kita harus bisa memberikan service kepada konsumen atau pelanggan sebagaimana dalam berbisnis secara nyata.
Selain itu kita juga harus mengetahui apa sajakah yang menjadi kelebihan serta apa sajakah yang menjadi kekurangan dan hambatan utuk bisnis online yang akan kita jalankan.

Daftar pustaka




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.